TERUS MENCEMARI DAN MERUSAK LINGKUNGAN, WARGA SUKOHARJO MENGGUGAT PT RUM KE PENGADILAN NEGERI SUKOHARJO

Sejak awal beroperasi pada tahun 2017, PT Rayon Utama Makmur (PT RUM) Pabrik yang memproduksi serat rayon yang terletak di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, terus mengeluarkan bau busuk yang menyengat dan sangat mengganggu masyarakat yang tinggal disekitar PT RUM.

Bau busuk seperti telur busuk dan septic tank yang terus dikeluarkan dan dihirup warga tersebut membuat warga sakit pusing, sesak nafas, mual, dan kehilangan konsentrasi dan sangat mengganggu aktivitas warga seperti bekerja, belajar, beribadah, maupun beristirahat.

Selain pencemaran udara, PT RUM juga menyebabkan pencemaran dan kerusakan di sungai Gupit sampai Sungai Bengawan Solo, karena pipa air limbah PT RUM yang dipasang di sungai gupit menyebabkan Pencemaran sungai, banjir, tanah longsor, penumpukan sampah, dan kerusakan lainnya pada Sungai Gupit.

Berbagai upaya telah dilakukan warga untuk melawan pencemaran PT RUM tersebut, mulai dari Aksi Massa di depan PT RUM maupun di Pemerintahan Sukoharjo, Mediasi, laporan ke Lembaga negara ditingkat kabupaten, provinsi, kementerian, bahkan sampai ke DPR RI dan Presiden Republik Indonesia.

Bahkan pada tahun 2018, beberapa warga dan mahasiswa yang melakukan penolakan dan perlawanan terhadap Pencemaran PT RUM di kriminalisasi dan dipidanakan oleh PT RUM.

Sudah lima tahun lebih pencemaran dan perusakan lingkungan yang dilakukan oleh PT RUM berlangsung sampai saat ini. Namun tidak ada upaya serius untuk menyelesaikan pencemaran dan kerusakan lingkungan tersebut, baik dari PT RUM sendiri maupun dari pemerintah yang memiliki kewenangan.

Melihat hal tersebut, warga terdampak Pencemaran PT RUM akan menggugat PT RUM dengan Gugatan Perwakilan Kelompok (Class Action) ke Pengadilan Negeri Sukoharjo atas pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dilakukan PT RUM sejak tahun 2017 sampai sekarang dan menuntut PT RUM bertanggung jawab atas pencemaran dan perusakan lingkungan yang telah dilakukan dan juga menuntut PT RUM menghentikan segala aktivitasnya yang menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan di kabupaten sukoharjo.

Pendafran gugatan tersebut akan dilakukan pada:

Hari : Kamis, 9 Maret 2023
Waktu : 10.00 WIB
Tempat : Pengadilan Negeri Sukoharjo

Mari Hadir, merebut keadilan, merebut Kembali udara bersih, dan lingkungan yang sehat.

Narahubung:

-Warga Terdampak Pencemaran PT RUM/Gerakan Peduli Lingkungan (GPL Sukoharjo): 0816268239.

-Tim Advokasi Sukoharjo Melawan Bau Busuk/LBH Semarang: 085869969498

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *